Profile

Selasa, 06 November 2012

Sistem pengawasan yang ideal


SISTEM PENGAWASAN YANG IDEAL DAN BAIK

Pengawasan merupakan salah satu hal yg sangat penting dalam suatu lembaga. maka menurut saya ada upaya atau usaha yangbharus dilakukan agar pengawasan ini menjadi efektif. Pengawasan pada dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Bahkan, melalui pengawasan tercipta suatu aktivitas yang berkaitan erat dengan penentuan atau evaluasi mengenai sejauhmana pelaksanaan kerja sudah dilaksanakan. Pengawasan juga dapat mendeteksi sejauhmana kebijakan pimpinan dijalankan dan sampai sejauhmana penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan kerja tersebut.
Untuk mencapai hasil pengawasam yang ideal, maka dalam melakukan pengawasan tidak dapat hanya mengandalkan pada orang, tetapi harus dibentuk suatu system pengawasan yang jelas dan tegas dan sistem pengawasannya tetap harus dalam koridor konsep yang menjaga hak asasi tiap orang.
Beberapa hal penting yang perlu menjadi lingkup pengawasan antara lain:(1)Dari cara rekruitmen (2)Dari cara Appointment, termasuk dalam pindah-memindahkan pejabat negara seharusnya ditangani oleh lembaga yang independent. Cara rekrutmen menjadi sangat penting karena Tujuan dari rekrutmen adalah untuk menyeleksi dari semua calon, calon manakah yanh paling baik dan cocok dalam menjalankan fungsinya, karena dengan proses rekrutmen yang baik dan adil diharapkan akan jauh dari praktek KKN. Apabila dari awal proses rekrutmen saja sudah di intervensi oleh berbagai kepentingan makan orang yang terpilih nantinya ditakutkan akan melakukan berbagai penyimpangan dalam melaksanakan tugas.Termasuk juga dalam memindahkan pejabat negara sebaiknya dilakukan oleh lembaga independen karena pada prakteknya banyak proses pemindahan pejabat yang dilakukan saat ini sudah terjadi negosiasi kepentingan terhadap perpindahan pejabat negara.


Dalam upaya memberdayakan dan mendayagunakan aparatur pengawasan, diperlukan penataan ulang terhadap sistem, mekanisme, dan prosedur kerja seluruh aparat pengawasan internal pemerintah. Penataan ini penting, agar fungsi pengawasan dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan kinerja dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Penataan itu, tentu saja mengharuskan aparatur pengawasan lebih banyak melakukan koordinasi dan sinergi satu sama lain. Lakukanlah fungsi-fungsi dan kompetensi pengawasan dengan baik, bukan dengan membagi-bagi obyek pemeriksaan. Dengan membagi bagi berdasarkan obyeknya di takutkan akan adanya tumpang tindih pengawasan. Dengan cara itu, aparatur pengawasan dapat menghindari munculnya isu tumpang tindih pemeriksaan secara lebih elegan. Aparatur pengawasan dapat melaksanakan pekerjaan secara terarah, dengan metode kerja yang efektif dan efisien.

Dari pengawasan yang dilakukan terhadap berbagai kegiatan dan program pemerintah itu, nantinya dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenai upaya yang telah dilakukan pemerintah di bidang pengawasan. Hal ini saya anggap penting, karena informasi mengenai pengawasan yang dilakukan  pemerintah memang sangat dibutuhkan untuk diketahui masyarakat, guna merespon hasil pengawasan in ekstern atas kinerja pemerintah dan isu strategis yang menjadi perhatian masyarakat. Dengan cara itu, dengan komunikasi dan penjelasan publik yang tepat dan baik diharapkan masyarakat akan mendapat informasi dan keterangan yang jelas dan pasti. Pemerintah harus mencegah pemberian informasi yang cenderung digeneralisasi sensasional dan tidak akurat, mana temuan yang menjurus kebijakan korupsi dan yang bukan harus dapat dijelaskan secara gamblang kepada masyarakat. Penjelasan kepada publik harus juga akuntabel, untuk tidak memunculkan keresahan yang tidak perlu, atau merugikan nama baik seseorang sebelum secara hukum dinyatakan bersalah.Dengan  begitu menurut saya pengawasan dapat berjalan dengan baik. Demikian menurut saya tentang pengawasan yg ideal. memang masih dapat dikembangkan ttg pengawasan yg ideal itu. tapi mungkin pengembangan nanti saja saat saya lagi mau mikir ttg pengawasan gannn. hahaha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar